1000 Football Shirts: The Colors of the Beautiful Game

1000 Football Shirts: The Colors of the Beautiful Game

IPS kakak tolong bantu aku dong plissss​

kakak tolong bantu aku dong plissss​

Jawaban:

5) Peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia

a. Ekspedisi kedatangan bangsa Portugis

Rute pejelajahan samudra yang ditempuh oleh bangsa Portugis dimulai dari kota Lisabon (1486 dan 1497 ), menyusuri pantai barat Afrika, semenanjung Harapan, pantai timur Afrika berlayar kearah timur menuju ke Kolkata (India) pada tahun 1498 masehi. Di India Vasco da Gama mendirikan kantor dagang. Kemudian pada tahun 1511 Alfonso d’Albuquerque yang menggantikan Vasco da Gama berhasil menguasai selat Malaka. Setelah menguasai Malaka, bangsa Portugis melanjutkan pelayarannya kearah timur menuju Indonesia. Pada tahun 1512 masehi berhasil menanamkan pengaruhnya di Maluku.

b. Ekspedisi kedatangan bangsa Spanyol

Christopher Columbus dari Lisbon berlayar kearah barat menyeberangi samudra Atlantik. Pada tahun 1492 berhasil menemukan benua Amerika. Pada tahun 1519 dilanjutkan Ferdinand Magellan dan Juan Sebastian del Cano dengan menempuh rute yang pernah dilalui oleh Christophorus Columbus. Pada tahun 1521 sampai dikepulauan Massava (sekarang Filipina). Setelah Ferdinand Magelhaens meninggal, pelayaran dilanjutkan oleh Juan Sebastian del Cano dari Filipina menuju arah selatan, maka sampailah dikepulauan Maluku tahun 1522 masehi.

c. Ekspedisi kedatangan bangsa Inggris

Kedatangan Inggris di Indonesia pertama kali pada tahun 1579 oleh Francis Drake dan Thomas Cavendish dengan rute pelayaran Magelhaen-Samudera Pasifik sampai ke Filipina dan akhirnya menuju ke Ternate, dan mereka membawa rempah-rempah dari Ternate dan kembali ke Inggris, sehingga Ratu Elizabeth 1 menginginkan untuk memperluas wilayah melalui pelayaran internasional. Karena itu Ratu Elizabeth 1 memberikan wewenang kepada East India Company di India untuk mengurus perdagangan di wilayah Indonesia sehingga Inggris mendirikan kantor-kantor di Indonesia pada tahun 1604 dan pada akhirnya pada tahun 1811 Inggris mengambil ahli kekuasaan Belanda di Indonesia.

d. Ekspedisi kedatangan bangsa Belanda

Tahun 1595 masehi Cornelis de Houtman, menempuh jalur pelayaran bangsa Portugis. Setelah melewati semenanjung Harapan, samudra Hindia dan selat Malaka, rombongan Cornelis de Houtman sampai di pelabuhan Banten pada tahun 1596 masehi. Dari Banten Cornelis de Houtman melanjutkan pelayarannya kearah Indonesia bagian timur, untuk memperoleh rempah-rempah. Mereka singgah di Madura, Bali, kemudian berlayar kearah utara sehingga sampai di kepulauan Maluku pada tahun 1598 masehi.

Penjelasan:

Semoga membantu

Please, jangan dihapus